Membuat Menu Secara Pemrograman

Biasanya menu dibuat dengan drag and drop saja, namun di artikel ini, saya akan mendemokan membuat menu secara pemrograman di C++ Builder.

Class-class menu yang terlibat ada TMainMenu dan TMenuItem. Semua deklarasi class melibatkan variabel class yang didefinisikan di file berekstensi H milik proyek Anda. Sebagai contoh, saya mendefinisikan variabel-variabel class yang saya pakai seperti gambar dibawah ini,  dan saya menulskan programnya di file berekstensi cpp.

 Pertama-tama, saya akan membuat menu paling atas, yaitu menu yang ada di barmenu, bernama menu File. Karena font dari menu tersebut saya tentukan, saya juga tak lupa mendefinisikan nama font dan besar font. Program-program dibawah ini saya tulis di bagian FormCreate, agar menu langsung dibentuk saat program pertama kali dijalankan

Screen->MenuFont->Name = "Tahoma";
Screen->MenuFont->Size = 9;
mnMenu = new TMainMenu(this);


Menu File mempunyai dua anak menu, yaitu Daftar Supplier dan Daftar Barang.

mnFile = new TMenuItem(mnMenu);
mnFile->Caption = "File";
mnDaftarSupplier = new TMenuItem(mnFile);
mnDaftarSupplier->OnClick = mnDaftarSupplierClick;
mnDaftarSupplier->Caption = "Daftar Supplier";
mnFile->Add(mnDaftarSupplier);

mnDaftarBarang = new TMenuItem(mnFile);
mnDaftarBarang->Caption = "Daftar Barang";
mnDaftarBarang->OnClick = mnDaftarBarangClick;


OnClick menyatakan "Apa yang dilakukan obyek itu apabila user meng-klik dirinya". Saya menuliskan aksi pada menu "Daftar Supplier" di prosedur mnDaftarSupplierClick dan aksi menu "Daftar Barang" di mnDaftarBarangClick. Namun prosedur tersebut belum ada, sehingga saya harus mendaftarkan dulu pada file ekstensi H seperti ini:



Anda boleh menuliskan pada bagian private atau public. Saya sendiri meletakkannya di bagian private, karena saya inginkan prosedur-prosedur itu hanya diakses di class internal saja.

void __fastcall TForm1::mnDaftarSupplierClick(TObject *Sender)
{
 ShowMessage("Ini Menu Daftar Supplier");
}

void __fastcall TForm1::mnDaftarBarangClick(TObject *Sender)
{
 ShowMessage("Ini Menu Daftar Barang");
}


 Hasil dari eksekusi program:


Isi File H:


Isi File CPP:

Membuat Menu Secara Pemrograman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.