Mengetahui Path Exe File

Saya sering harus mengetahui folder tempat exe program saya bekerja, biasanya sih berhubungan dengan database. Oleh karena itu, setiap kali mempelajari bahasa program, saya selalu mencari cara mengetahui path/folder aktif exe saya.

Bahasa C++ adalah program native (program murni), pada dasarnya tidak mempunyai fungsi khusus untuk mendapatkan folder di Windows, sehingga kita harus memanfaatkan fungsi Windows untuk keperluan ini. Fungsi yang dimaksud adalah GetModuleHandle(). Jika kita memberikan parameter NULL, maka fungsi ini akan memberi kita path tempat program exe kita berjalan.

Tapi masih ada satu kelemahan. GetModuleHandle() mengembalikan path dan nama file exe-nya. Padahal saya tidak butuh nama file exe-nya, sehingga harus memasukkannya ke dalam fungsi windows dibawah ini untuk menghilangkan nama  file exe-nya.

PathRemoveFileSpec

Untuk memakai fungsi ini, Anda harus menyertakan baris berikut di bagian header program:

#include <Shlwapi.h>
#pragma comment(lib, "shlwapi.lib")

Program Selengkapnya



Mengetahui Path Exe File Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.