Memakai TADOConnection

Dalam aplikasi database di C++ Builder, kita dapat saja memiliki beberapa form yang akan melakukan koneksi ke database. Komponen yang dipakai bisa seperti TAdoQuery atau TTable. Komponen-komponen ini dapat melakukan koneksi setiap individunya. Jika kita punya 10 TAdoQuery, maka kita mempunyai koneksi ke database sebanyak 10. Yang menjadi masalah, bagaiman jika ada perubahan dalam koneksi, misal perubahan nama database, atau perubahan tempat file database. Mules dong jika harus mengubah ke-10 koneksi.

C++ Builder mempunyai pemusatan koneksi, sehingga kita hanya perlu satu koneksi database saja. Setiap TTable dan TAdoQuery yang akan melakukan koneksi kita hubungan pada komponen ini. Nama kelas dari komponen ini adalah TAdoConnection (jika Anda menggunakan Ado)

Drag komponen TAdoConnection pada form seperti gambar dibawah ini.


Kemudian klik dua kali, sehingga akan dibawah pada Event FormCreate dan ketik kode program berikut:

AnsiString FilePath = ExtractFilePath( Application->ExeName);
 

AnsiString strKoneksi =
   "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;"
   "\Data Source=" + FilePath + "DataTeman.mdb;" +
   "Persist Security Info=False";

ADOConnection1->Close();
ADOConnection1->ConnectionString = strKoneksi;
ADOConnection1->LoginPrompt = false;
ADOConnection1->Open();


Variabel FilePath dibuat untuk menyimpan tempat database yang dianggap satu tempat di file exe. Application->ExeName akan menghasilkan nama file exe yang dikompile. Fungsi ExtractFilePath akan menghasilkan tempat file tanpa nama file program.

Kode program  ADOConnection1->Close(); tidak harus ada. Tetapi saya lebih suka berhati-hati, "Siapa tahu tadinya sudah terbuka". Sebab program akan mengeluarkan pesan kesalahan saat kita Open untuk keduakalinya.

Secara default, AdoConnection akan memunculkan kotak dialog login user dan password database, tetapi dalam program ini saya tidak menginginkan tampil, sehingga saya menambahkan kode

LoginPrompt = false;


Perintah Open() dipergukan untuk mulai melakukan koneksi. Lupa mengetika perintah ini akan membuat hubungan ke database tidak terjadi.

Bahasa Program: C++ Builder 2009
Sistem Operasi Saat Praktek: Windows 7

Memakai TADOConnection Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.